Minggu, 3 Maret 2024

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 19 Agustus

Dani Agus
Sabtu, 19 Agustus 2023 01:28:00
Logo Mahkamah Agung (wikipedia.org)

Murianews, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 19 Agustus dari tahun ke tahun. Selain dari dalam negeri, ada banyak catatan sejarah yang terjadi di berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah Presiden Soekarno melantik/mengangkat Mr. Dr. R.S.E. Koesoemah Atmadja sebagai Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia tahun 1945 yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Mahkamah Agung.

Mahkamah Agung Republik Indonesia (disingkat MA RI atau MA) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman bersama-sama dengan Mahkamah Konstitusi dan bebas dari pengaruh cabang-cabang kekuasaan lainnya. Mahkamah Agung menyatakan kekuasaannya pada badan peradilan dalam lingkungan peradilan umum, lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan tata usaha negara dan lingkungan peradilan militer.

Masa kolonial Belanda atas Indonesia, selain memengaruhi roda pemerintahan, juga sangat besar pengaruhnya terhadap peradilan di Indonesia. Baik sejak masa kolonial Belanda (Herman Willem Daendels – Tahun 1807), kemudian oleh Inggris (Thomas Stanford Raffles – Tahun 1811 Letnan Jenderal), dan masa kembalinya Pemerintahan Hindia Belanda (1816-1842).

Pada masa kolonial Belanda, Hooggerechtshof merupakan pengadilan tertinggi yang berkedudukan di Jakarta/Batavia dengan wilayah hukum meliputi seluruh Hindia Belanda pada waktu itu. Hooggerechtshof beranggotakan seorang Ketua, 2 orang anggota, seorang Pokrol Jenderal, 2 orang Advokat Jenderal dan seorang Panitera yang dibantu oleh seorang Panitera Muda atau lebih. Jika perlu, Gubernur Jenderal dapat menambah susunan Hooggerechtshof dengan seorang wakil serta seorang atau lebih anggota.

Setelah kemerdekaan, tepatnya tanggal 19 Agustus 1945, Presiden Soekarno melantik/mengangkat Mr. Dr. R.S.E. Koesoemah Atmadja sebagai Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yang pertama. Hari pengangkatan itu kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Mahkamah Agung melalui Surat Keputusan KMA/043/SK/VIII/1999 tentang Penetapan Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Berikut daftar sejarah lainnya tanggal 19 Agustus, seperti dilansir dari Wikipedia:

1919

Afganistan merdeka dari Britania Raya.

1944

Perang Dunia II: Berakhirnya Operasi Bagration.

1945

Perang Vietnam: Viet Minh pimpinan Ho Chi Minh mengambil alih kekuasaan di Hanoi, Vietnam.

1945

Presiden Soekarno melantik/mengangkat Mr. Dr. R.S.E. Koesoemah Atmadja sebagai Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Mahkamah Agung, melalui Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor KMA/043/SK/VIII/1999 tentang Penetapan Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia.

1946

SMP Negeri 1 Blitar dibuka.

1946

Hari lahirnya Bill Clinton, Presiden AS ke-42.

1953

Perang Dingin: CIA membantu dalam penggulingan pemerintahan Mohammed Mossadegh di Iran yang digantikan kembali oleh Shah Mohammad Reza Pahlavi.

1960

Korabl-Sputnik 2, pesawat luar angkasa Soviet, diluncurkan. Ini adalah penerbangan pertama yang mengirimkan hewan ke orbit dan kembali ke bumi dengan selamat.

1980

Sebuah Saudia Penerbangan 163 Saudia mengalami kecelakaan.

2003

Sebuah serangan bom mobil terhadap markas PBB di Irak menewaskan Wakil Istimewa PBB Sergio Vieira de Mello dan 21 orang lainnya.

2006

Muhammad Ihsan Tarore menjadi pemenang Indonesian Idol Musim Ketiga, 2 hari menjelang Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1427 Hijriah.

2012

Arab Saudi menentukan hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah jatuh pada hari ini.

2017

Pembukaan Pesta Olahraga Asia Tenggara 2017.

Komentar