Minggu, 3 Maret 2024

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 29 November

Dani Agus
Rabu, 29 November 2023 15:46:00
Logo FC Barcelona. (wikipedia.org)

Murianews, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 29 November dari tahun ke tahun. Selain dari dalam negeri, ada banyak catatan sejarah yang terjadi di berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah klub sepak bola FC Barcelona didirikan oleh Joan Gamper pada tahun 1899. Fútbol Club Barcelona, juga dikenal sebagai Barcelona atau Barça, adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Barcelona, Catalunya, Spanyol, yang ikut serta di kompetisi tertinggi sepak bola Spanyol, La Liga.

Didirikan pada tahun 1899 oleh sekelompok pemain Swiss, Inggris, Jerman dan Katalan yang dipimpin oleh Joan Gamper, klub telah menjadi simbol budaya Catalan dan Catalanisme, yang mempunyai motto "Més que un club" (Lebih dari sebuah klub).

Pada tahun 1898, Hans Gamper, yang kemudian dikenal sebagai Joan Gamper, tiba di Barcelona untuk alasan profesional. Dia bermain sepak bola bersama rekan-rekannya di lapangan di Bonanova, yang kemudian menjadi markas pertama Barcelona, pada waktu senggangnya.

Pada 22 Oktober 1899, Gamper memasang sebuah iklan di majalah Los Deportes untuk menemukan para pemain yang tertarik untuk membentuk sebuah tim sepak bola. Hasilnya, pada 29 November, Gamper dan sebelas pemain lainnya (Otto Kunzle dan Walter Wild dari Swiss; John Parsons dan William Parsons dari Inggris; Otto Maier dari Jerman; Lluís d’Ossó, Bartomeu Terradas, Enric Ducal, Pere Cabot, Carles Pujol dan Josep Llobet dari Katalan) berkumpul di Solé Gymnasium untuk mendirikan Futbol Club Barcelona. Walter Wild kemudian ditunjuk sebagai presiden pertama klub.

Tidak seperti banyak klub sepak bola lainnya, para pendukung memiliki dan mengoperasikan Barcelona. Ia adalah klub sepak bola kedua terkaya di dunia dalam hal pendapatan, dengan omzet tahunan sebesar €560,8 juta dan kedua yang paling berharga, senilai $3,56 miliar. Lagu kebangsaan resmi Barcelona adalah ”Cant del Barça”, yang ditulis oleh Jaume Picas dan Josep Maria Espinas. Secara tradisional, Barcelona mengenakan kostum merah dan biru, sehingga klub ini dijuluki Blaugrana.

Klub ini masuk menjadi peserta Primera División (Divisi Utama) sejak tahun 1928, dan bersama-sama Real Madrid dan Athletic Bilbao menjadi tim yang tak pernah terdegradasi ke Segunda División (Divisi Dua). Klub ini juga menjadi klub yang menjuarai liga Spanyol pertama kali. Dengan persembahan 27 gelar Liga Spanyol, 31 gelar Copa del Rey, 14 gelar Piala Super Spanyol, 5 gelar Liga Champions Eropa, 4 gelar Piala Winners UEFA, 4 gelar Piala Super Eropa, FC Barcelona menjadi salah satu tim tersukses di Spanyol, Eropa, dan dunia.

Bukti paling nyata ketika pada tahun 2009 FC Barcelona berhasil menjadi klub Spanyol pertama yang berhasil meraih gelar treble (juara La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions). Dilanjutkan dengan raihan gelar Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub FIFA untuk melengkapi raihan gelarnya menjadi Sextuples. Barcelona merupakan klub sepak bola pertama di dunia yang melakukan raihan ini. Penggemar Barca juga sering disebut Culés.

Barcelona adalah salah satu tim yang paling didukung di dunia, dan memiliki media sosial terbesar di antara tim olahraga lainnya. Pemain Barca telah memenangkan catatan jumlah penghargaan Ballon d'Or, serta catatan jumlah penghargaan FIFA World Player of the Year (7). Pada tahun 2010, klub membuat sejarah ketika tiga pemain yang datang melalui akademinya (Messi, Iniesta & Xavi) terpilih sebagai tiga pemain terbaik di dunia, setelah mengantongi tempat teratas di FIFA Ballon d'Or, prestasi belum pernah terjadi sebelumnya untuk pemain dari sekolah sepak bola yang sama.

Berikut daftar sejarah lainnya tanggal 29 November, seperti dilansir dari Wikipedia:

1864

Albert Marth menemukan galaksi NGC 3 dan NGC 4

1890

Konstitusi Meiji mulai berlaku; Parlemen Jepang (国会 kokkai) bersidang untuk pertama kalinya

1899

FC Barcelona didirikan oleh Joan Gamper.

1945

Para pemuda di Kabupaten Kepulauan Selayar mengambil alih kekuasaan dari tangan Belanda

1947

Majelis Umum PBB menyetujui Rencana Pembagian Wilayah untuk Palestina, sebuah rencana untuk mengakhiri konflik Arab-Yahudi di Palestina, Mandat Britania

1965

Universitas Trisakti didirikan.

1975

Kaum militan pro-Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih dan menguasai Oecussi-Ambeno, sebuah eksklave Timor Timur.

2000

Bank Indonesia resmi mengedarkan uang kertas pecahan Rp 1.000 tahun emisi 2000

2009

Nickleodeon Indonesia Kids' Choice Awards, penghargaan oleh anak-anak pertama kalinya diadakan di Asia. Diselenggarakan di Tenis Indoor Senayan, Jakarta

2009

Kelahiran Rajawali Televisi (sebelum nama b-channel) oleh Sofia Koswara

2012

Premiere film layar lebar Hello Goodbye yang bertepatan dengan peringatan 11 tahun kematian George Harrison, mantan personel The Beatles, yang pernah mempopulerkan lagu Hello, Goodbye.

Komentar