Minggu, 3 Maret 2024

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 3 Desember

Dani Agus
Minggu, 3 Desember 2023 23:07:00
Logo PlayStation. (wikipedia.org)

Murianews, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 3 Desember dari tahun ke tahun. Selain dari dalam negeri, ada banyak catatan sejarah yang terjadi di berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah PlayStation diluncurkan untuk pertama kalinya di Jepang pada tahun 1994. PlayStation merupakan jajaran merek konsol permainan video rumahan, serta pusat media, layanan daring, deretan pengontrol permainan, konsol genggam, dan ponsel pintar.

Diproduksi oleh Sony Interactive Entertainment, yang merupakan divisi dari Sony, pertama kalinya dirilis sebagai konsol permainan video rumahan PlayStation di Jepang pada Desember 1994, dan di seluruh dunia pada tahun berikutnya.

Konsol PlayStation asli adalah konsol permainan video pertama yang telah menjual lebih dari 100 juta unit dalam waktu kurang dari satu dasawarsa. Penerusnya, PlayStation 2 (PS2), dirilis pada tahun 2000.

PS2 adalah konsol rumahan terlaris sampai saat ini, dan mencatatkan lebih dari 155 juta unit terjual pada akhir 2012. Konsol Sony berikutnya, PlayStation 3, dirilis pada 2006, telah terjual sebanyak 87,4 juta unit pada Maret 2017.

Konsol yang terbaru, PlayStation 4, dirilis pada 2013, terjual satu juta unit per hari dan menjadi konsol penjualan tercepat dalam sejarah. Konsol berikutnya dalam seri ini, PlayStation 5, ditargetkan akan dirilis pada akhir tahun 2020.

Berikut daftar sejarah lainnya tanggal 3 Desember, seperti dilansir dari Wikipedia:

1945

Pertempuran memperebutkan Gedung V & W (Verkeer & Waterstaat, sekarang Gedung Sate) di Bandung, Jawa Barat, Indonesia, antara pasukan pejuang kemerdekaan Indonesia, yang merupakan pegawai Djawatan Pekerjaan Umum Republik Indonesia, melawan pasukan Sekutu (Inggris dan Belanda).

1967

Tim dokter yang dipimpin oleh Christiaan Barnard di Cape Town, Afrika Selatan berhasil melakukan operasi transplantasi jantung manusia yang pertama di dunia.

1984

Tragedi Bhopal: Terlepaskannya gas metil isosianat dari sebuah pabrik pestisida di Bhopal, India menewaskan sedikitnya 18.000 korban jiwa.

1989

George HW Bush dan Mikhail Gorbachev bertemu di Malta dan secara bersama mengatakan bahwa Perang Dingin bisa selesai dalam masa dekat tetapi belum tentu selesai. Di koran-koran di Amerika Serikat dan Uni Soviet, kata-kata kedua pemimpin dunia ini dibesar-besarkan seolah-olah Perang Dingin sudah selesai.

1994

PlayStation diluncurkan untuk pertama kalinya di Jepang.

1997

pelarangan Ranjau oleh 164 negara di Traktat Ottawa

2007

Acara musik Inbox mulai ditayangkan di SCTV.

Komentar