Minggu, 3 Maret 2024

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 9 Desember

Dani Agus
Sabtu, 9 Desember 2023 21:35:00
KRL tabrak mobil tangki pada tahun 2013 (Merdeka.com/M. Luthfi Rahman)

Murianews, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 9 Desember dari tahun ke tahun. Selain dari dalam negeri, ada banyak catatan sejarah yang terjadi di berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah KRL Commuter Line jurusan Serpong - Tanah Abang menabrak truk tangki bahan bakar minyak yang hendak melintas pada tahun 2013 dan mengakibatkan 7 orang tewas.

Kecelakaan kereta api Bintaro 2013 (juga disebut Tragedi Bintaro II) adalah kecelakaan kereta api yang terjadi pada tanggal 9 Desember 2013, ketika sebuah kereta api rel listrik (KRL) Commuter Line menabrak sebuah truk tangki Pertamina yang membawa bahan bakar jenis premium sebanyak 24.000 liter di perlintasan kereta api Pondok Betung, Bintaro pada Senin pagi. Kecelakaan ini terjadi diduga karena truk bermuatan tangki menerobos saat palang pintu yang tidak berfungsi.

KRL Commuter Line jurusan Serpong–Tanah Abang bernomor 1131 berangkat dari Serpong sekitar pukul 11.01, tetapi sedikit terlambat karena ada perbaikan AC. Setelah itu berangkat menuju Pondok Ranji. Disitulah kesalahan mulai terjadi. Truk tangki melewati perlintasan, tak jauh KRL datang. Petugas langsung mengibarkan bendera merah. KRL tak bisa rem mendadak dan akhirnya pukul 11.25 terjadilah tabrakan. Sekitar pukul 11.30 barulah tiga kali terjadi ledakan.

Tabrakan terjadi di perlintasan sebidang Jalan Bintaro Permai dekat dengan Pondok Betung, sekitar 200 meter dari lokasi Tragedi Bintaro 1 pada tahun 1987.

Asisten masinis sempat memberitahukan bahwa akan siap-siap menghadapi tabrakan, tetapi penumpang tidak menghiraukan. Penumpang langsung terjatuh dan miring ke kanan. Saksi mata menyebutkan bahwa KRL berhenti mendadak dan lampu kereta mati. Penumpang di gerbong 1 & 2 berhamburan ke belakang karena di depan hawanya terasa panas.

Masinis, Asisten Masinis, Teknisi Kereta meninggal karena posisi mereka terjepit. Sementara 2 penumpang wanita yang bernama Ny Rosa meninggal di Rumah Sakit Suyoto Veteran. Masinis 1131, Darman Prasetyo dimakamkan di Purworejo.

Berikut daftar sejarah lainnya tanggal 9 Desember, seperti dilansir dari Wikipedia:

1937

Tentara Jepang menyerang kota Nanjing, Tiongkok.

1941

Perang Dunia II: Tiongkok, Korea dan Kuba menyatakan perang terhadap Jerman dan Jepang.

1947

Pembantaian Rawagede: sebanyak 431 penduduk sipil Kampung Rawagede di Karawang ditembak mati oleh sepasukan tentara Belanda (KNIL) tanpa proses pengadilan.

1961

Tanganyika (kini Tanzania, setelah bergabung dengan Zanzibar) merdeka dari Britania Raya.

1966

Barbados menjadi anggota PBB.

1971

Uni Emirat Arab menjadi anggota PBB.

1987

Intifadah I dimulai: Palestina menyerang Israel di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

1990

Lech Walesa menjadi presiden pertama Polandia yang dipilih melalui pemilu.

1991

Diluncurkannya stasiun televisi dan radio nasional Korea Selatan Seoul Broadcasting Station (SBS).

2003

Ledakan di pusat kota Moskwa menewaskan 6 orang dan melukai sedikitnya 11 orang.

2013

KRL Commuter Line jurusan Serpong - Tanah Abang menabrak truk tangki bahan bakar minyak yang hendak melintas dan mengakibatkan 7 orang tewas.

2015

Pilkada serentak pertama kali diselenggarakan di Indonesia setelah 58 tahun terakhir.

Komentar